Address
304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124
Work Hours
Monday to Friday: 7AM - 7PM
Weekend: 10AM - 5PM
Address
304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124
Work Hours
Monday to Friday: 7AM - 7PM
Weekend: 10AM - 5PM
Matematika seringkali dianggap sebagai mata pelajaran yang menantang, terutama bagi siswa kelas 4 SD. Pada jenjang ini, konsep-konsep dasar mulai diperkenalkan dengan lebih mendalam, termasuk operasi hitung bilangan, pecahan, pengukuran, hingga geometri sederhana. Menguasai materi matematika di semester 1 kelas 4 menjadi fondasi penting untuk keberhasilan di semester berikutnya dan jenjang pendidikan selanjutnya.
Artikel ini hadir sebagai panduan lengkap bagi siswa kelas 4 SD, guru, maupun orang tua. Kami akan menyajikan kumpulan soal yang mencakup berbagai topik penting di semester 1, beserta penyelesaiannya yang terperinci. Dengan berlatih soal-soal ini, diharapkan pemahaman siswa terhadap materi matematika akan semakin kokoh, rasa percaya diri meningkat, dan kemampuan problem-solving mereka terasah.
Mengapa Latihan Soal Penting?
Sebelum kita menyelami kumpulan soal, mari kita pahami mengapa latihan soal adalah kunci utama dalam belajar matematika:
Topik Utama Matematika Kelas 4 Semester 1
Semester 1 kelas 4 SD biasanya mencakup beberapa topik fundamental. Berikut adalah beberapa di antaranya yang akan kita bahas dalam kumpulan soal ini:
Kumpulan Soal dan Penyelesaian
Mari kita mulai dengan beberapa contoh soal yang mencakup topik-topik di atas.
Bagian 1: Bilangan Cacah Besar dan Operasi Hitung
Soal 1:
Tuliskan bilangan 25.678 dalam bentuk kata!
Penyelesaian:
Untuk menuliskan bilangan dalam bentuk kata, kita baca dari digit paling kiri.
25.678 dibaca: Dua puluh lima ribu enam ratus tujuh puluh delapan.
Soal 2:
Urutkan bilangan berikut dari yang terkecil hingga terbesar: 15.098, 15.809, 15.089, 15.908.
Penyelesaian:
Kita bandingkan bilangan tersebut satu per satu. Semua bilangan memiliki angka 15 di depan. Kita lihat angka setelahnya.
Perhatikan angka ratusan: 0, 8, 0, 9. Angka 0 lebih kecil dari 8 dan 9.
Sekarang bandingkan yang punya angka ratusan 0: 15.098 dan 15.089.
Perhatikan angka puluhan: 9 dan 8. Angka 8 lebih kecil dari 9.
Jadi, 15.089 lebih kecil dari 15.098.
Selanjutnya bandingkan angka ratusan 8 dan 9. Angka 8 lebih kecil dari 9.
Jadi, 15.809 lebih kecil dari 15.908.
Urutan dari yang terkecil adalah: 15.089, 15.098, 15.809, 15.908.
Soal 3:
Hitunglah hasil dari $456 times 12$.
5472 (hasil penjumlahan 912 + 4560)
Jadi, $456 times 12 = 5.472$.
Soal 4:
Di sebuah toko buku terdapat 3.500 buku. Sebanyak 1.250 buku terjual. Berapa sisa buku di toko tersebut?
Penyelesaian:
Ini adalah soal pengurangan.
Sisa buku = Jumlah buku awal – Buku yang terjual
Sisa buku = $3.500 – 1.250$
3500
2250
Jadi, sisa buku di toko tersebut adalah 2.250 buku.
Soal 5:
Bu Ani membeli 5 lusin pensil. Berapa jumlah seluruh pensil yang dibeli Bu Ani? (1 lusin = 12 buah)
Penyelesaian:
Ini adalah soal perkalian.
Jumlah seluruh pensil = Jumlah lusin $times$ Jumlah per lusin
Jumlah seluruh pensil = $5 times 12$
Jumlah seluruh pensil = 60 buah.
Bagian 2: Faktor dan Kelipatan
Soal 6:
Tentukan faktor dari bilangan 18.
Penyelesaian:
Faktor adalah bilangan yang dapat membagi habis suatu bilangan. Kita cari pasangan bilangan yang jika dikalikan hasilnya 18.
1 $times$ 18 = 18
2 $times$ 9 = 18
3 $times$ 6 = 18
Jadi, faktor dari 18 adalah 1, 2, 3, 6, 9, dan 18.
Soal 7:
Tentukan tiga kelipatan pertama dari bilangan 7.
Penyelesaian:
Kelipatan suatu bilangan adalah hasil perkalian bilangan tersebut dengan bilangan asli (1, 2, 3, …).
Kelipatan pertama: $7 times 1 = 7$
Kelipatan kedua: $7 times 2 = 14$
Kelipatan ketiga: $7 times 3 = 21$
Jadi, tiga kelipatan pertama dari 7 adalah 7, 14, dan 21.
Soal 8:
Tentukan FPB dari 12 dan 18.
Penyelesaian:
Langkah 1: Tentukan faktor dari masing-masing bilangan.
Faktor dari 12: 1, 2, 3, 4, 6, 12
Faktor dari 18: 1, 2, 3, 6, 9, 18
Langkah 2: Tentukan faktor persekutuan (faktor yang sama) dari kedua bilangan.
Faktor persekutuan 12 dan 18 adalah: 1, 2, 3, 6.
Langkah 3: Tentukan faktor persekutuan terbesar (FPB).
FPB dari 12 dan 18 adalah 6.
Soal 9:
Tentukan KPK dari 4 dan 6.
Penyelesaian:
Langkah 1: Tentukan kelipatan dari masing-masing bilangan.
Kelipatan 4: 4, 8, 12, 16, 20, 24, …
Kelipatan 6: 6, 12, 18, 24, 30, …
Langkah 2: Tentukan kelipatan persekutuan (kelipatan yang sama) dari kedua bilangan.
Kelipatan persekutuan 4 dan 6 adalah: 12, 24, …
Langkah 3: Tentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK).
KPK dari 4 dan 6 adalah 12.
Bagian 3: Pecahan
Soal 10:
Tentukan dua pecahan yang senilai dengan $frac13$.
Penyelesaian:
Pecahan senilai diperoleh dengan mengalikan pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama (selain nol).
Untuk mendapatkan pecahan pertama, kita kalikan pembilang dan penyebut dengan 2:
$frac13 = frac1 times 23 times 2 = frac26$
Untuk mendapatkan pecahan kedua, kita kalikan pembilang dan penyebut dengan 3:
$frac13 = frac1 times 33 times 3 = frac39$
Jadi, dua pecahan yang senilai dengan $frac13$ adalah $frac26$ dan $frac39$.
Soal 11:
Bandingkan pecahan $frac25$ dan $frac35$. Manakah yang lebih besar?
Penyelesaian:
Ketika penyebut kedua pecahan sama, kita cukup membandingkan pembilangnya.
Pembilang $frac25$ adalah 2.
Pembilang $frac35$ adalah 3.
Karena 3 lebih besar dari 2, maka $frac35$ lebih besar dari $frac25$.
Soal 12:
Hitunglah hasil dari $frac37 + frac27$.
Penyelesaian:
Karena penyebut kedua pecahan sudah sama, kita cukup menjumlahkan pembilangnya.
$frac37 + frac27 = frac3+27 = frac57$
Soal 13:
Hitunglah hasil dari $frac59 – frac29$.
Penyelesaian:
Sama seperti penjumlahan, kita cukup mengurangkan pembilangnya karena penyebutnya sama.
$frac59 – frac29 = frac5-29 = frac39$
Pecahan $frac39$ bisa disederhanakan dengan membagi pembilang dan penyebut dengan 3, menjadi $frac13$.
Soal 14:
Ubahlah pecahan $frac74$ menjadi pecahan campuran.
Penyelesaian:
Untuk mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran, kita bagi pembilang dengan penyebut.
$7 div 4 = 1$ sisa $3$.
Angka 1 adalah bilangan bulatnya.
Angka 3 adalah pembilang dari pecahan.
Angka 4 adalah penyebutnya.
Jadi, $frac74$ menjadi $1 frac34$.
Soal 15:
Ubahlah pecahan campuran $2 frac13$ menjadi pecahan biasa.
Penyelesaian:
Untuk mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa, kita kalikan bilangan bulat dengan penyebut, lalu tambahkan hasilnya dengan pembilang. Angka tersebut menjadi pembilang baru, dan penyebutnya tetap sama.
$2 frac13 = frac(2 times 3) + 13 = frac6 + 13 = frac73$.
Bagian 4: Pengukuran dan Geometri
Soal 16:
Ayah membeli tali sepanjang 5 meter. Jika 1 meter = 100 cm, berapa panjang tali tersebut dalam centimeter?
Penyelesaian:
Ini adalah soal konversi satuan panjang.
Panjang tali dalam cm = Panjang dalam meter $times$ Konversi meter ke cm
Panjang tali dalam cm = $5 times 100$ cm
Panjang tali dalam cm = 500 cm.
Soal 17:
Ibu membeli gula seberat 2 kilogram. Jika 1 kilogram = 1000 gram, berapa berat gula tersebut dalam gram?
Penyelesaian:
Ini adalah soal konversi satuan berat.
Berat gula dalam gram = Berat dalam kilogram $times$ Konversi kilogram ke gram
Berat gula dalam gram = $2 times 1000$ gram
Berat gula dalam gram = 2000 gram.
Soal 18:
Pukul berapa sekarang jika 1 jam yang lalu adalah pukul 08.30?
Penyelesaian:
Jika 1 jam yang lalu adalah 08.30, maka sekarang adalah 1 jam setelah 08.30.
08.30 + 1 jam = 09.30.
Jadi, sekarang pukul 09.30.
Soal 19:
Sebutkan sifat-sifat persegi.
Penyelesaian:
Persegi memiliki sifat-sifat sebagai berikut:
Soal 20:
Sebuah persegi panjang memiliki panjang 10 cm dan lebar 5 cm. Berapa keliling persegi panjang tersebut?
Penyelesaian:
Rumus keliling persegi panjang adalah $K = 2 times (textpanjang + textlebar)$.
$K = 2 times (10 text cm + 5 text cm)$
$K = 2 times (15 text cm)$
$K = 30 text cm$
Jadi, keliling persegi panjang tersebut adalah 30 cm.
Penutup
Menguasai materi matematika kelas 4 semester 1 memerlukan latihan yang konsisten dan pemahaman yang mendalam. Kumpulan soal dan penyelesaian yang disajikan dalam artikel ini diharapkan dapat menjadi bekal berharga bagi siswa dalam belajar. Ingatlah bahwa setiap soal yang berhasil diselesaikan adalah langkah maju dalam menguasai matematika.
Teruslah berlatih, jangan ragu bertanya kepada guru atau orang tua jika menemui kesulitan, dan selalu jaga semangat belajar Anda. Dengan ketekunan, matematika akan terasa lebih menyenangkan dan mudah dikuasai. Selamat belajar!