Address
304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124
Work Hours
Monday to Friday: 7AM - 7PM
Weekend: 10AM - 5PM
Address
304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124
Work Hours
Monday to Friday: 7AM - 7PM
Weekend: 10AM - 5PM
Diagram adalah jendela menuju pemahaman. Bagi siswa kelas 4 SD, kemampuan membaca dan menginterpretasikan berbagai jenis diagram bukan hanya sekadar keterampilan akademis, tetapi juga bekal penting untuk memahami informasi visual yang melimpah di sekitar mereka. Dari data sederhana tentang cuaca hingga perbandingan ukuran hewan, diagram membantu menyederhanakan informasi kompleks menjadi bentuk yang mudah dicerna.
Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang kumpulan soal latihan diagram yang dirancang khusus untuk siswa kelas 4 SD. Kita akan menjelajahi berbagai jenis diagram yang umum ditemui, mengapa penting bagi siswa untuk menguasainya, dan bagaimana soal-soal latihan dapat membantu mereka membangun kepercayaan diri dan kompetensi dalam membaca diagram.
Di kelas 4 SD, siswa mulai dihadapkan pada informasi yang lebih bervariasi dan terkadang abstrak. Diagram hadir sebagai alat bantu visual yang efektif untuk:
Siswa kelas 4 SD biasanya akan bertemu dengan beberapa jenis diagram utama. Memahami karakteristik masing-masing diagram adalah kunci untuk menginterpretasikannya dengan benar.
Diagram Batang (Bar Chart):
Diagram Lingkaran (Pie Chart):
Piktogram (Pictograph):
Diagram Garis (Line Graph):
Mari kita buat beberapa contoh soal latihan yang mencakup berbagai jenis diagram, beserta penjelasannya agar siswa dapat memahami cara mengerjakannya.
Bagian 1: Diagram Batang
Soal 1:
Perhatikan diagram batang berikut yang menunjukkan jumlah pengunjung perpustakaan setiap hari dalam seminggu.
(Diagram Batang akan digambarkan di sini, dengan sumbu horizontal berlabel "Hari" (Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu) dan sumbu vertikal berlabel "Jumlah Pengunjung" dengan skala dari 0 hingga 50).
Pertanyaan:
a. Berapa jumlah pengunjung perpustakaan pada hari Jumat?
b. Hari apakah yang memiliki jumlah pengunjung paling sedikit?
c. Berapa selisih jumlah pengunjung pada hari Sabtu dan hari Rabu?
d. Berapa total jumlah pengunjung perpustakaan dari hari Senin hingga Minggu?
e. Pada hari apa saja jumlah pengunjung sama?
Penjelasan Jawaban:
a. Untuk mengetahui jumlah pengunjung pada hari Jumat, lihat batang yang sejajar dengan label "Jumat" pada sumbu horizontal. Tinggi batang tersebut menunjukkan angka 40. Jadi, jumlah pengunjung pada hari Jumat adalah 40 orang.
b. Cari batang yang paling pendek. Batang terpendek adalah batang pada hari Senin, yaitu 20 pengunjung. Jadi, hari dengan pengunjung paling sedikit adalah Senin.
c. Jumlah pengunjung hari Sabtu adalah 45. Jumlah pengunjung hari Rabu adalah 25. Selisihnya adalah 45 – 25 = 20 orang.
d. Untuk mencari total, jumlahkan semua pengunjung setiap hari: 20 + 30 + 25 + 35 + 40 + 45 + 30 = 225 orang.
e. Lihat batang mana saja yang memiliki tinggi yang sama. Batang pada hari Selasa (30) dan hari Minggu (30) memiliki tinggi yang sama.
Bagian 2: Diagram Lingkaran
Soal 2:
Diagram lingkaran berikut menunjukkan hasil survei tentang warna favorit siswa kelas 4.
(Diagram Lingkaran akan digambarkan di sini, terbagi menjadi beberapa irisan dengan label dan persentase sebagai berikut):
Pertanyaan:
a. Warna apa yang paling banyak disukai siswa?
b. Warna apa yang paling sedikit disukai siswa?
c. Jika jumlah seluruh siswa di kelas adalah 40 orang, berapa orang siswa yang menyukai warna merah?
d. Berapa orang siswa yang menyukai warna biru dan hijau jika digabungkan?
e. Berapa persentase siswa yang tidak menyukai warna merah?
Penjelasan Jawaban:
a. Warna yang memiliki persentase terbesar adalah Merah (30%).
b. Warna yang memiliki persentase terkecil adalah Ungu (10%).
c. Untuk mencari jumlah siswa yang menyukai warna merah, hitung 30% dari 40. (30/100) 40 = 12 siswa.
d. Jumlah siswa yang menyukai warna biru adalah 25% dari 40 = (25/100) 40 = 10 siswa. Jumlah siswa yang menyukai warna hijau adalah 20% dari 40 = (20/100) * 40 = 8 siswa. Jadi, gabungannya adalah 10 + 8 = 18 siswa.
e. Persentase siswa yang tidak menyukai warna merah adalah total persentase dikurangi persentase merah: 100% – 30% = 70%.
Bagian 3: Piktogram
Soal 3:
Perhatikan piktogram berikut yang menunjukkan jumlah buku yang dipinjam oleh siswa dari perpustakaan sekolah.
(Piktogram akan digambarkan di sini. Akan ada gambar buku, dan di bawahnya terdapat kunci: Setiap gambar buku mewakili 5 buku).
Pertanyaan:
a. Berapa jumlah buku yang dipinjam pada hari Rabu?
b. Hari apakah yang paling banyak buku dipinjam?
c. Berapa selisih jumlah buku yang dipinjam pada hari Jumat dan hari Senin?
d. Berapa total jumlah buku yang dipinjam dari hari Senin hingga Jumat?
e. Jika ada 5 siswa yang meminjam buku pada hari Selasa, dan setiap siswa meminjam jumlah buku yang sama, berapa buku yang dipinjam setiap siswa?
Penjelasan Jawaban:
a. Pada hari Rabu terdapat 3 gambar buku. Karena 1 gambar mewakili 5 buku, maka jumlah buku yang dipinjam adalah 3 x 5 = 15 buku.
b. Cari hari dengan jumlah gambar buku terbanyak. Hari Jumat memiliki 7 gambar buku, yang merupakan jumlah terbanyak.
c. Jumlah buku hari Jumat adalah 7 x 5 = 35 buku. Jumlah buku hari Senin adalah 4 x 5 = 20 buku. Selisihnya adalah 35 – 20 = 15 buku.
d. Total gambar buku = 4 + 6 + 3 + 5 + 7 = 25 gambar. Total buku = 25 x 5 = 125 buku.
e. Jumlah buku yang dipinjam hari Selasa adalah 6 x 5 = 30 buku. Jika dipinjam oleh 5 siswa dengan jumlah sama, maka setiap siswa meminjam 30 / 5 = 6 buku.
Bagian 4: Diagram Garis
Soal 4:
Perhatikan diagram garis berikut yang menunjukkan suhu udara di kota A selama seminggu.
(Diagram Garis akan digambarkan di sini, dengan sumbu horizontal berlabel "Hari" (Senin hingga Minggu) dan sumbu vertikal berlabel "Suhu (°C)" dengan skala dari 20 hingga 35). Titik-titik akan dihubungkan dengan garis).
Pertanyaan:
a. Berapa suhu udara pada hari Kamis?
b. Hari apakah suhu udara paling tinggi?
c. Pada hari apa saja suhu udara mengalami kenaikan dari hari sebelumnya?
d. Berapa selisih suhu terpanas dan suhu terdingin selama seminggu tersebut?
e. Perkirakan suhu udara pada hari Senin jika digambarkan dalam diagram batang, dan bandingkan dengan diagram garis.
Penjelasan Jawaban:
a. Cari titik pada garis yang sejajar dengan label "Kamis" pada sumbu horizontal. Tinggi titik tersebut pada sumbu vertikal menunjukkan 26°C.
b. Cari titik tertinggi pada garis. Titik tertinggi berada pada hari Sabtu, yaitu 31°C.
c. Perhatikan perubahan dari satu titik ke titik berikutnya.
Menguasai kemampuan membaca diagram adalah investasi berharga bagi siswa kelas 4 SD. Dengan pemahaman yang kuat tentang berbagai jenis diagram dan latihan yang konsisten, siswa akan lebih siap untuk menghadapi tantangan akademis, mengembangkan keterampilan berpikir kritis, dan menjadi pembelajar yang lebih efektif di dunia yang semakin kaya akan informasi visual. Kumpulan soal latihan seperti yang disajikan di atas dapat menjadi alat yang ampuh untuk membantu mereka mencapai tujuan ini.