Address
304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124
Work Hours
Monday to Friday: 7AM - 7PM
Weekend: 10AM - 5PM
Address
304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124
Work Hours
Monday to Friday: 7AM - 7PM
Weekend: 10AM - 5PM

Matematika adalah bahasa universal yang menjadi dasar banyak bidang ilmu pengetahuan dan kehidupan sehari-hari. Di jenjang kelas 4, siswa mulai memasuki fase yang lebih mendalam dalam pemahaman konsep-konsep matematika. Materi yang diajarkan biasanya mencakup operasi hitung dasar yang lebih kompleks, pecahan, desimal, pengukuran, geometri, hingga pengolahan data sederhana. Memahami materi ini dengan baik adalah kunci untuk membangun fondasi matematika yang kuat bagi siswa di masa depan.
Namun, tidak jarang siswa merasa kesulitan dalam memahami beberapa konsep atau kurang percaya diri dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Kunci untuk mengatasi tantangan ini adalah melalui latihan yang konsisten dan terarah. Kumpulan soal dan penyelesaian yang tepat dapat menjadi alat yang sangat berharga bagi siswa, guru, maupun orang tua untuk membantu menguasai materi matematika kelas 4.
Artikel ini akan menyajikan kumpulan soal pilihan yang mencakup berbagai topik utama dalam kurikulum matematika kelas 4, beserta penyelesaiannya yang rinci. Tujuannya adalah untuk memberikan sumber belajar yang komprehensif, membantu siswa mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan, dan membangun kepercayaan diri dalam menghadapi soal-soal matematika.

Operasi hitung dasar adalah fondasi dari segala perhitungan matematika. Di kelas 4, operasi ini diperluas dengan bilangan yang lebih besar dan terkadang melibatkan urutan operasi.
Soal 1: Sebuah pabrik memproduksi 1.250 pasang sepatu setiap hari. Jika pabrik beroperasi selama 30 hari, berapa total pasang sepatu yang diproduksi?
Penyelesaian:
Ini adalah soal perkalian.
Jumlah sepatu per hari = 1.250 pasang
Jumlah hari beroperasi = 30 hari
Total sepatu yang diproduksi = Jumlah sepatu per hari × Jumlah hari beroperasi
Total sepatu yang diproduksi = 1.250 × 30
37500
Jadi, total pasang sepatu yang diproduksi adalah 37.500 pasang.
Soal 2: Ibu membeli 5 kg gula pasir dengan harga Rp 15.000 per kg. Ibu juga membeli 2 kg beras dengan harga Rp 12.000 per kg. Berapa total belanjaan Ibu?
Penyelesaian:
Pertama, hitung total biaya gula:
Harga gula per kg = Rp 15.000
Jumlah gula = 5 kg
Total biaya gula = 5 × Rp 15.000 = Rp 75.000
Kedua, hitung total biaya beras:
Harga beras per kg = Rp 12.000
Jumlah beras = 2 kg
Total biaya beras = 2 × Rp 12.000 = Rp 24.000
Ketiga, hitung total belanjaan Ibu:
Total belanjaan = Total biaya gula + Total biaya beras
Total belanjaan = Rp 75.000 + Rp 24.000 = Rp 99.000
Jadi, total belanjaan Ibu adalah Rp 99.000.
Soal 3: Pak Budi memiliki 3.456 buah mangga. Ia ingin membagikan mangga tersebut secara merata kepada 12 tetangganya. Berapa buah mangga yang diterima oleh setiap tetangga?
Penyelesaian:
Ini adalah soal pembagian.
Total mangga = 3.456 buah
Jumlah tetangga = 12
Jumlah mangga per tetangga = Total mangga ÷ Jumlah tetangga
Jumlah mangga per tetangga = 3.456 ÷ 12
Kita bisa menggunakan pembagian bersusun:
288
105
-96
---
96
-96
---
0
Jadi, setiap tetangga menerima 288 buah mangga.
Pecahan adalah representasi bagian dari keseluruhan. Di kelas 4, siswa belajar tentang berbagai jenis pecahan, mengubah pecahan, dan melakukan operasi hitung pada pecahan.
Soal 4: Seekor semut berjalan sejauh $frac35$ meter dari titik A. Kemudian, semut itu berjalan lagi sejauh $frac15$ meter ke arah yang sama. Berapa total jarak yang ditempuh semut?
Penyelesaian:
Karena penyebut kedua pecahan sama, kita bisa langsung menjumlahkan pembilangnya.
Jarak pertama = $frac35$ meter
Jarak kedua = $frac15$ meter
Total jarak = $frac35 + frac15 = frac3+15 = frac45$ meter
Jadi, total jarak yang ditempuh semut adalah $frac45$ meter.
Soal 5: Ibu memiliki satu loyang kue. Ia memotongnya menjadi 8 bagian yang sama. Adik makan $frac28$ bagian kue, dan kakak makan $frac38$ bagian kue. Berapa bagian kue yang tersisa?
Penyelesaian:
Pertama, hitung total bagian kue yang dimakan:
Bagian dimakan adik = $frac28$
Bagian dimakan kakak = $frac38$
Total bagian dimakan = $frac28 + frac38 = frac2+38 = frac58$
Kedua, hitung bagian kue yang tersisa. Kue utuh adalah 1, yang bisa kita tulis sebagai $frac88$.
Bagian tersisa = Kue utuh – Total bagian dimakan
Bagian tersisa = $frac88 – frac58 = frac8-58 = frac38$
Jadi, bagian kue yang tersisa adalah $frac38$ bagian.
Soal 6: Ubah pecahan $frac34$ menjadi bentuk desimal.
Penyelesaian:
Untuk mengubah pecahan menjadi desimal, kita membagi pembilang dengan penyebut.
$frac34 = 3 div 4$
Menggunakan pembagian desimal:
0.75
20
-20
----
0
Jadi, $frac34$ sama dengan 0.75.
Desimal adalah cara lain untuk merepresentasikan bilangan, terutama bilangan yang kurang dari satu. Kelas 4 biasanya memperkenalkan konsep nilai tempat desimal dan operasi hitung dasar dengan desimal.
Soal 7: Budi membeli sebuah buku seharga Rp 25.500 dan pensil seharga Rp 7.250. Berapa total uang yang dibayarkan Budi?
Penyelesaian:
Ini adalah soal penjumlahan desimal. Pastikan koma desimal sejajar saat menjumlahkan.
25.500
32.750
Jadi, total uang yang dibayarkan Budi adalah Rp 32.750.
Soal 8: Seorang pelari menempuh jarak 12.75 kilometer dalam satu hari. Keesokan harinya, ia menempuh jarak 10.5 kilometer. Berapa selisih jarak yang ditempuh pelari dalam dua hari tersebut?
Penyelesaian:
Ini adalah soal pengurangan desimal.
Jarak hari pertama = 12.75 km
Jarak hari kedua = 10.50 km (tambahkan 0 di belakang 5 agar jumlah angka di belakang koma sama)
Selisih jarak = 12.75 – 10.50
12.75
2.25
Jadi, selisih jarak yang ditempuh pelari adalah 2.25 kilometer.
Pengukuran adalah aplikasi praktis matematika. Di kelas 4, siswa memperluas pemahaman mereka tentang satuan pengukuran dan konversi antar satuan.
Soal 9: Sebuah pita memiliki panjang 2 meter. Jika pita tersebut dipotong menjadi 4 bagian yang sama panjang, berapa panjang setiap potongan dalam centimeter?
Penyelesaian:
Pertama, ubah satuan panjang dari meter ke centimeter.
1 meter = 100 centimeter
2 meter = 2 × 100 centimeter = 200 centimeter
Kedua, bagi total panjang pita dengan jumlah potongan.
Panjang setiap potongan = Total panjang pita ÷ Jumlah potongan
Panjang setiap potongan = 200 cm ÷ 4 = 50 cm
Jadi, panjang setiap potongan pita adalah 50 centimeter.
Soal 10: Sebuah tas belanja berisi 3 kg apel, 1.5 kg jeruk, dan 500 gram anggur. Berapa total berat belanjaan dalam kilogram?
Penyelesaian:
Pertama, pastikan semua satuan berat sama. Kita akan mengubah gram ke kilogram.
1000 gram = 1 kilogram
500 gram = 500 ÷ 1000 kilogram = 0.5 kilogram
Kedua, jumlahkan berat semua buah:
Berat apel = 3 kg
Berat jeruk = 1.5 kg
Berat anggur = 0.5 kg
Total berat = 3 kg + 1.5 kg + 0.5 kg = 5 kg
Jadi, total berat belanjaan adalah 5 kilogram.
Soal 11: Dini mulai mengerjakan PR pada pukul 15:30. Ia membutuhkan waktu 45 menit untuk menyelesaikan matematika dan 30 menit untuk menyelesaikan Bahasa Indonesia. Pukul berapa Dini selesai mengerjakan PR?
Penyelesaian:
Pertama, jumlahkan waktu pengerjaan PR:
Waktu matematika = 45 menit
Waktu Bahasa Indonesia = 30 menit
Total waktu pengerjaan = 45 menit + 30 menit = 75 menit
Kedua, ubah 75 menit menjadi jam dan menit.
75 menit = 60 menit + 15 menit = 1 jam 15 menit
Ketiga, tambahkan total waktu pengerjaan ke waktu mulai:
Waktu mulai = 15:30
Ditambah = 1 jam 15 menit
15:30
16:45
Jadi, Dini selesai mengerjakan PR pada pukul 16:45.
Di kelas 4, siswa mulai mengenal bangun datar seperti persegi, persegi panjang, segitiga, dan lingkaran, serta sifat-sifatnya.
Soal 12: Sebuah taman berbentuk persegi panjang memiliki panjang 20 meter dan lebar 15 meter. Berapa keliling taman tersebut?
Penyelesaian:
Rumus keliling persegi panjang adalah $K = 2 times (panjang + lebar)$.
Panjang = 20 meter
Lebar = 15 meter
Keliling = $2 times (20 + 15)$ meter
Keliling = $2 times 35$ meter
Keliling = 70 meter
Jadi, keliling taman tersebut adalah 70 meter.
Soal 13: Sebuah ubin lantai berbentuk persegi memiliki panjang sisi 30 cm. Berapa luas ubin tersebut?
Penyelesaian:
Rumus luas persegi adalah $L = sisi times sisi$.
Sisi = 30 cm
Luas = $30 text cm times 30 text cm$
Luas = 900 $cm^2$
Jadi, luas ubin tersebut adalah 900 $cm^2$.
Siswa kelas 4 biasanya diperkenalkan dengan cara membaca dan menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk tabel atau diagram batang sederhana.
Soal 14: Data jumlah siswa yang gemar membaca buku di kelas 4 adalah sebagai berikut:
Buatlah diagram batang sederhana berdasarkan data di atas. Berapa jumlah siswa yang paling banyak gemar membaca buku?
Penyelesaian:
Diagram batang akan memiliki sumbu horizontal (kategori buku) dan sumbu vertikal (jumlah siswa). Setiap batang mewakili jumlah siswa untuk setiap kategori.
Dari diagram batang atau data yang diberikan, jumlah siswa yang paling banyak gemar membaca buku adalah pada kategori Fiksi, yaitu sebanyak 15 siswa.
Menguasai materi matematika kelas 4 membutuhkan pemahaman konsep yang kuat dan latihan yang konsisten. Kumpulan soal dan penyelesaian yang disajikan di atas mencakup berbagai topik penting. Dengan mempelajari dan mencoba menyelesaikan soal-soal ini, siswa diharapkan dapat:
Ingatlah bahwa kunci keberhasilan dalam matematika adalah ketekunan dan kemauan untuk terus belajar. Jangan ragu untuk meminta bantuan guru atau orang tua jika ada materi yang masih belum dipahami. Selamat belajar dan berlatih!