Address
304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124
Work Hours
Monday to Friday: 7AM - 7PM
Weekend: 10AM - 5PM
Address
304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124
Work Hours
Monday to Friday: 7AM - 7PM
Weekend: 10AM - 5PM
Menjelajahi Dunia PJOK: Contoh Soal Lengkap Penjaskes Kelas 4 SD untuk Mengukur Pemahaman dan Kebugaran Anak
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) adalah salah satu mata pelajaran yang tak kalah pentingnya dalam kurikulum sekolah dasar. Lebih dari sekadar pelajaran tentang aktivitas fisik, PJOK berperan vital dalam membentuk karakter, disiplin, kerja sama, dan pemahaman akan pentingnya pola hidup sehat sejak dini. Bagi siswa kelas 4 SD, PJOK menjadi jembatan antara pengenalan dasar gerak di kelas rendah menuju penguasaan keterampilan yang lebih kompleks di jenjang selanjutnya.
Memahami sejauh mana pemahaman dan keterampilan siswa dalam PJOK adalah kunci untuk memastikan proses pembelajaran berjalan efektif. Salah satu cara paling umum untuk mengukur hal tersebut adalah melalui evaluasi, baik dalam bentuk tes tertulis maupun praktik. Artikel ini akan menyajikan berbagai contoh soal PJOK kelas 4 SD, mencakup beragam aspek materi, dari gerak dasar hingga pola hidup sehat, yang dirancang untuk menguji pemahaman konseptual, aplikasi, dan pengetahuan umum siswa. Dengan contoh soal yang komprehensif ini, guru dapat menyusun evaluasi yang tepat, sementara orang tua dapat membantu anak-anak mereka belajar dan mempersiapkan diri.
Pentingnya Evaluasi dalam PJOK Kelas 4 SD
Evaluasi dalam PJOK tidak hanya bertujuan untuk memberikan nilai, tetapi juga untuk:
Struktur Soal PJOK Kelas 4 SD
Secara umum, soal PJOK dapat dibagi menjadi beberapa kategori untuk menguji berbagai tingkat pemahaman:
Mari kita selami contoh-contoh soal PJOK kelas 4 SD berdasarkan kategori materi yang umum diajarkan.
I. Gerak Dasar Lokomotor, Non-Lokomotor, dan Manipulatif
Materi ini adalah fondasi utama dalam PJOK, mengajarkan siswa tentang berbagai jenis gerakan tubuh yang menjadi dasar untuk aktivitas fisik lainnya.
A. Pilihan Ganda
Gerakan berpindah tempat dari satu posisi ke posisi lain disebut gerak…
a. Non-lokomotor
b. Manipulatif
c. Lokomotor
d. Keseimbangan
Jawaban: c
Contoh gerak non-lokomotor adalah…
a. Berlari
b. Melempar bola
c. Membungkuk
d. Melompat
Jawaban: c
Gerakan memantulkan bola basket termasuk dalam gerak…
a. Lokomotor
b. Non-lokomotor
c. Manipulatif
d. Keseimbangan
Jawaban: c
Saat melakukan jalan cepat, pandangan mata sebaiknya ke arah…
a. Bawah
b. Atas
c. Samping
d. Depan
Jawaban: d
Gerakan menekuk lutut tanpa berpindah tempat adalah contoh gerak…
a. Lokomotor
b. Non-lokomotor
c. Manipulatif
d. Kombinasi
Jawaban: b
B. Isian Singkat
C. Uraian
II. Kebugaran Jasmani
Kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari tanpa merasa lelah berlebihan dan masih memiliki energi cadangan untuk menikmati waktu luang. Materi ini mengajarkan komponen-komponen kebugaran dan cara melatihnya.
A. Pilihan Ganda
Kemampuan otot untuk melakukan kegiatan tanpa cepat lelah disebut…
a. Kelenturan
b. Kekuatan
c. Keseimbangan
d. Daya tahan
Jawaban: d
Latihan push-up berguna untuk melatih kekuatan otot…
a. Kaki
b. Perut
c. Lengan dan bahu
d. Punggung
Jawaban: c
Manfaat utama melakukan peregangan sebelum berolahraga adalah untuk meningkatkan…
a. Kekuatan
b. Kecepatan
c. Kelenturan
d. Daya tahan
Jawaban: c
Berdiri dengan satu kaki selama beberapa waktu adalah latihan untuk melatih…
a. Kekuatan
b. Kecepatan
c. Keseimbangan
d. Kelenturan
Jawaban: c
Agar tubuh tetap sehat dan bugar, sebaiknya kita berolahraga secara…
a. Jarang-jarang
b. Rutin
c. Sesekali
d. Hanya saat ada pelajaran PJOK
Jawaban: b
B. Isian Singkat
C. Uraian
III. Senam Lantai dan Aktivitas Ritmik
Materi ini memperkenalkan siswa pada gerakan-gerakan senam dasar yang dilakukan di lantai, serta gerakan yang dilakukan mengikuti irama musik.
A. Pilihan Ganda
Gerakan guling depan dilakukan dengan posisi awal…
a. Berdiri tegak
b. Tidur telentang
c. Berjongkok
d. Duduk
Jawaban: c
Bagian tubuh yang menyentuh matras pertama kali saat melakukan guling depan adalah…
a. Punggung
b. Kepala bagian belakang (tengkuk)
c. Bahu
d. Pantat
Jawaban: b
Sikap lilin adalah salah satu gerakan senam lantai untuk melatih…
a. Kekuatan otot lengan
b. Keseimbangan dan kekuatan otot perut
c. Kecepatan
d. Kelenturan punggung
Jawaban: b
Dalam aktivitas ritmik, gerakan dilakukan mengikuti…
a. Keinginan sendiri
b. Irama musik
c. Gerakan teman
d. Arahan guru saja
Jawaban: b
Saat melakukan senam lantai, alat yang digunakan untuk alas adalah…
a. Karpet biasa
b. Matras
c. Kasur
d. Tikar
Jawaban: b
B. Isian Singkat
C. Uraian
IV. Olahraga Permainan (Atletik Dasar & Permainan Bola Besar/Kecil)
Bagian ini mencakup pengenalan dasar-dasar atletik seperti lari dan lompat, serta keterampilan dasar dalam permainan bola seperti sepak bola, bola basket, atau bulutangkis.
A. Pilihan Ganda
Lari jarak pendek umumnya menggunakan start…
a. Berdiri
b. Jongkok
c. Melayang
d. Duduk
Jawaban: b
Pada permainan sepak bola, teknik dasar yang digunakan untuk mengoper bola ke teman adalah…
a. Menggiring
b. Menendang
c. Menyundul
d. Melempar
Jawaban: b
Memantulkan bola ke lantai secara berulang-ulang dalam permainan bola basket disebut…
a. Mengumpan
b. Menembak
c. Menggiring (dribbling)
d. Melempar
Jawaban: c
Cabang olahraga atletik yang melatih kekuatan kaki untuk melewati suatu rintangan adalah…
a. Lari cepat
b. Lompat jauh
c. Tolak peluru
d. Jalan sehat
Jawaban: b
Dalam permainan bulutangkis, alat yang digunakan untuk memukul shuttlecock adalah…
a. Tongkat
b. Raket
c. Pemukul
d. Stick
Jawaban: b
B. Isian Singkat
C. Uraian
V. Aktivitas Air (Renang Dasar)
Materi ini memperkenalkan siswa pada dasar-dasar keselamatan di air dan gerakan dasar dalam renang. (Catatan: Materi ini mungkin tidak diajarkan di semua sekolah karena keterbatasan fasilitas, namun pengetahuan teoritisnya tetap penting).
A. Pilihan Ganda
Sebelum masuk ke kolam renang, kita sebaiknya melakukan…
a. Langsung terjun
b. Pemanasan
c. Makan banyak
d. Tidur
Jawaban: b
Gaya renang yang paling mudah untuk pemula adalah gaya…
a. Punggung
b. Kupu-kupu
c. Bebas
d. Dada
Jawaban: c
Alat yang dapat membantu kita belajar mengapung di air adalah…
a. Ban renang
b. Kacamata renang
c. Topi renang
d. Pelampung (kickboard)
Jawaban: a atau d, tergantung konteks yang paling dikenal siswa. Ban renang lebih umum untuk pemula absolut, kickboard untuk belajar meluncur/kaki.
Saat berenang, pernapasan dilakukan dengan cara…
a. Menahan napas sepanjang waktu
b. Mengambil napas di dalam air
c. Mengambil napas di permukaan air
d. Mengambil napas saat istirahat
Jawaban: c
Jika melihat teman kesulitan di kolam renang, hal pertama yang harus kita lakukan adalah…
a. Langsung melompat untuk menolong
b. Berteriak meminta bantuan orang dewasa
c. Membiarkannya
d. Mengambil gambar
Jawaban: b
B. Isian Singkat
C. Uraian
VI. Pola Hidup Sehat dan Keselamatan Diri
Bagian ini menekankan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan diri, serta pengetahuan dasar tentang keselamatan dan pertolongan pertama.
A. Pilihan Ganda
Makanan yang mengandung karbohidrat berguna sebagai sumber…
a. Protein
b. Vitamin
c. Energi
d. Mineral
Jawaban: c
Salah satu cara menjaga kebersihan diri adalah dengan mandi minimal…
a. Sekali sehari
b. Dua kali sehari
c. Seminggu sekali
d. Saat berkeringat saja
Jawaban: b
Jika kamu terluka ringan saat bermain, pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah…
a. Membiarkannya
b. Mengoleskan obat sembarangan
c. Membersihkan luka dengan air bersih dan antiseptik
d. Langsung pergi ke dokter
Jawaban: c
Penyakit diare sering disebabkan oleh…
a. Makanan bersih
b. Makanan basi atau tidak higienis
c. Olahraga teratur
d. Minum air banyak
Jawaban: b
Pentingnya istirahat yang cukup adalah untuk…
a. Membuat tubuh lemas
b. Mengembalikan energi tubuh
c. Membuat kita malas
d. Hanya untuk tidur
Jawaban: b
B. Isian Singkat
C. Uraian
Tips Mengerjakan Soal PJOK untuk Siswa
Peran Guru dan Orang Tua
Untuk Guru:
Untuk Orang Tua:
Kesimpulan
PJOK kelas 4 SD adalah fondasi penting bagi perkembangan fisik, mental, dan sosial anak. Melalui berbagai contoh soal di atas, kita dapat melihat bahwa evaluasi dalam PJOK tidak hanya menguji kemampuan menghafal, tetapi juga pemahaman konseptual, aplikasi, dan kesadaran akan pentingnya pola hidup sehat. Dengan persiapan yang matang dan pendekatan yang holistik, baik dari sisi pengajaran maupun evaluasi, diharapkan setiap siswa dapat tumbuh menjadi individu yang sehat, aktif, dan memiliki kesadaran tinggi akan pentingnya kebugaran dan keselamatan diri. PJOK bukan sekadar pelajaran di sekolah, melainkan bekal berharga untuk kehidupan yang lebih berkualitas.
(Jumlah kata diperkirakan mendekati 1.200 kata dengan penambahan deskripsi dan penjelasan di setiap bagian.)