Address
304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124
Work Hours
Monday to Friday: 7AM - 7PM
Weekend: 10AM - 5PM
Address
304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124
Work Hours
Monday to Friday: 7AM - 7PM
Weekend: 10AM - 5PM
Penilaian Harian Kurikulum 2013 Kelas 4: Mengukur Pemahaman Holistik dan Berpikir Kritis
Pendahuluan
Penilaian Harian (PH) atau yang sering juga disebut Ulangan Harian, merupakan salah satu komponen penting dalam sistem evaluasi pembelajaran di Kurikulum 2013 (K13). Bagi siswa kelas 4 Sekolah Dasar (SD), PH bukan hanya sekadar alat untuk mengukur penguasaan materi setelah satu atau beberapa pembelajaran, tetapi juga berfungsi sebagai cerminan keberhasilan proses belajar-mengajar secara keseluruhan. Dalam K13, penilaian dirancang untuk bersifat otentik, holistik, dan berkesinambungan, mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
Berbeda dengan kurikulum sebelumnya, K13 menekankan pada pembelajaran tematik terpadu, pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengomunikasikan), serta pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills – HOTS). Oleh karena itu, soal-soal PH kelas 4 K13 harus dirancang sedemikian rupa agar selaras dengan prinsip-prinsip tersebut. Soal tidak hanya menguji hafalan, tetapi juga kemampuan siswa dalam menganalisis, mengevaluasi, menciptakan, dan mengaplikasikan pengetahuan dalam konteks nyata.
Artikel ini akan mengulas contoh-contoh soal Penilaian Harian untuk kelas 4 SD berdasarkan Kurikulum 2013, mencakup berbagai mata pelajaran yang terintegrasi dalam tema. Selain contoh soal, akan dijelaskan pula mengapa soal-soal tersebut relevan dengan karakteristik K13 dan bagaimana guru dapat mengembangkannya.
Prinsip-Prinsip Penilaian Harian K13 Kelas 4
Sebelum masuk ke contoh soal, penting untuk memahami prinsip-prinsip dasar yang melandasi penyusunan PH di K13:
Contoh Soal Penilaian Harian Kurikulum 2013 Kelas 4
Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas, mari kita fokus pada satu tema yang umum di kelas 4, misalnya "Indahnya Keragaman Negeriku" atau "Berbagai Pekerjaan". Kita akan melihat bagaimana soal-soal dari berbagai mata pelajaran (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PPKn) dapat diintegrasikan dan dirancang sesuai K13.
Tema: Berbagai Pekerjaan (Subtema: Jenis-Jenis Pekerjaan)
A. Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) yang diuji:
Contoh Soal:
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1-3!
Teks Wawancara Singkat: Profesi Petani Kopi
Reporter: "Selamat pagi, Pak Budi. Terima kasih sudah meluangkan waktu."
Pak Budi: "Selamat pagi. Sama-sama."
Reporter: "Bisa Bapak ceritakan, sudah berapa lama Bapak menjadi petani kopi?"
Pak Budi: "Saya sudah menjadi petani kopi selama lebih dari 20 tahun, sejak muda dulu. Ini adalah warisan dari orang tua saya."
Reporter: "Pekerjaan sebagai petani kopi itu bagaimana, Pak? Apa saja yang Bapak lakukan?"
Pak Budi: "Tentu. Setiap hari saya harus merawat tanaman kopi, mulai dari menanam bibit, menyiram, memupuk, hingga memanen buah kopi yang sudah matang. Setelah panen, buah kopi diproses lagi agar siap dijual."
Reporter: "Apa tantangan terbesar dalam pekerjaan Bapak?"
Pak Budi: "Tantangan utamanya adalah cuaca yang tidak menentu dan serangan hama penyakit. Kadang harga kopi juga tidak stabil. Tapi saya mencintai pekerjaan ini karena bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat."
Reporter: "Terima kasih banyak atas informasinya, Pak Budi."
Pilihan Ganda (PG):
Apa gagasan pokok dari teks wawancara di atas?
a. Proses menanam kopi.
b. Tantangan petani kopi.
c. Pekerjaan seorang petani kopi.
d. Harga kopi yang tidak stabil.
Kunci Jawaban: c
Analisis K13: Menguji kemampuan siswa dalam menemukan gagasan pokok dari teks, relevan dengan KD 3.5.
Isian Singkat:
Sebutkan dua kegiatan utama yang dilakukan Pak Budi sebagai petani kopi!
Kunci Jawaban: Merawat tanaman kopi (menanam bibit, menyiram, memupuk), memanen buah kopi, memproses buah kopi. (Pilih dua dari jawaban yang relevan)
Analisis K13: Menguji pemahaman informasi tersurat dari teks, KD 3.5.
Uraian/Esai (HOTS – C4/C5):
Menurut pendapatmu, mengapa Pak Budi tetap mencintai pekerjaannya meskipun menghadapi banyak tantangan? Jelaskan alasanmu berdasarkan informasi dari teks atau pengetahuanmu sendiri!
Kunci Jawaban: Siswa dapat menjawab dengan berbagai alasan yang logis, misalnya karena itu warisan keluarga, atau karena ia merasa pekerjaannya menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, seperti yang disebutkan Pak Budi. Penilaian didasarkan pada kelengkapan dan relevansi argumen siswa.
Analisis K13: Mendorong siswa untuk menganalisis (C4) dan mengevaluasi (C5) informasi, serta mengaitkannya dengan nilai-nilai, sesuai dengan pendekatan saintifik (menalar) dan pengembangan karakter.
B. Mata Pelajaran: Matematika
Kompetensi Dasar (KD) yang diuji:
Contoh Soal:
Pilihan Ganda (PG):
Seorang petani kopi memiliki kebun berbentuk persegi panjang dengan panjang 25 meter dan lebar 18 meter. Berapa keliling kebun kopi tersebut?
a. 43 meter
b. 450 meter
c. 86 meter
d. 90 meter
Kunci Jawaban: c (2 x (25 + 18) = 2 x 43 = 86)
Analisis K13: Menguji konsep keliling persegi panjang dalam konteks soal cerita (kontekstual).
Isian Singkat:
Jika dalam satu karung berisi 50 kg biji kopi. Petani memiliki 3 setengah karung biji kopi. Berapa total berat biji kopi yang dimiliki petani tersebut? (Tuliskan dalam bentuk desimal).
Kunci Jawaban: 175 kg (3.5 x 50 = 175)
Analisis K13: Menguji kemampuan operasi hitung bilangan cacah dan pecahan/desimal dalam konteks nyata.
Uraian/Esai (HOTS – C4):
Pak Hasan adalah seorang pengusaha kopi. Ia membeli 120 kg biji kopi dari petani. Biji kopi tersebut akan dikemas dalam kantong-kantong kecil berukuran 0,25 kg untuk dijual. Jika setiap kantong dijual seharga Rp15.000,00, berapa uang yang akan didapatkan Pak Hasan jika semua biji kopi habis terjual?
Kunci Jawaban:
Langkah 1: Tentukan jumlah kantong. 120 kg / 0,25 kg/kantong = 480 kantong.
Langkah 2: Hitung total uang. 480 kantong x Rp15.000,00/kantong = Rp7.200.000,00.
Jadi, uang yang akan didapatkan Pak Hasan adalah Rp7.200.000,00.
Analisis K13: Soal cerita yang membutuhkan beberapa langkah penyelesaian, melatih kemampuan penalaran dan aplikasi (C4) dalam konteks ekonomi.
C. Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kompetensi Dasar (KD) yang diuji:
Contoh Soal:
Pilihan Ganda (PG):
Pekerjaan petani kopi sangat bergantung pada kondisi lingkungan. Salah satu upaya pelestarian lingkungan yang dapat dilakukan petani kopi agar tanah tetap subur adalah…
a. Menggunakan pupuk kimia sebanyak-banyaknya.
b. Menebang semua pohon di sekitar kebun.
c. Melakukan penanaman kembali (reboisasi) di area yang gundul.
d. Membakar sampah di dekat kebun.
Kunci Jawaban: c
Analisis K13: Menguji pemahaman tentang pentingnya pelestarian sumber daya alam dan upaya konkretnya.
Isian Singkat:
Selain air dan tanah, sumber daya alam lain yang sangat dibutuhkan petani kopi untuk pertumbuhan tanamannya adalah ….
Kunci Jawaban: Sinar matahari.
Analisis K13: Menguji pengetahuan dasar tentang kebutuhan tumbuhan.
Uraian/Esai (HOTS – C4/C5):
Seorang petani kopi mengeluh hasil panennya menurun karena sering terjadi banjir di kebunnya. Menurut analisis kamu, apa penyebab banjir tersebut dan apa saranmu agar masalah ini tidak terulang di masa depan?
Kunci Jawaban:
Penyebab banjir (contoh): Penebangan pohon di hulu, tidak ada resapan air, saluran air tersumbat sampah.
Saran (contoh): Melakukan reboisasi/penanaman pohon, membuat terasering, tidak membuang sampah sembarangan, membersihkan saluran air secara rutin.
Analisis K13: Mendorong siswa untuk menganalisis masalah lingkungan (C4) dan memberikan solusi kreatif (C5), relevan dengan pendekatan saintifik (menalar dan mengomunikasikan solusi).
D. Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kompetensi Dasar (KD) yang diuji:
Contoh Soal:
Pilihan Ganda (PG):
Pekerjaan sebagai petani kopi termasuk dalam kegiatan ekonomi di bidang ….
a. Jasa
b. Industri
c. Perdagangan
d. Pertanian
Kunci Jawaban: d
Analisis K13: Menguji pemahaman tentang jenis-jenis kegiatan ekonomi.
Isian Singkat:
Selain petani, sebutkan dua jenis pekerjaan lain yang berkaitan dengan produksi kopi hingga sampai ke tangan konsumen!
Kunci Jawaban: Pengolah kopi, distributor/pedagang kopi, barista, pemilik kedai kopi, pengangkut/kurir. (Pilih dua yang relevan)
Analisis K13: Menguji pemahaman siswa tentang rantai pekerjaan dalam suatu kegiatan ekonomi.
Uraian/Esai (HOTS – C4/C5):
Menurutmu, mengapa pekerjaan seorang petani kopi memiliki peran penting dalam kehidupan ekonomi masyarakat Indonesia? Jelaskan dampak positifnya!
Kunci Jawaban:
Peran penting: Menyediakan bahan baku kopi, menciptakan lapangan kerja (petani, pengolah, pedagang), meningkatkan pendapatan daerah, mendukung pariwisata (agrowisata kopi), dll.
Dampak positif: Masyarakat bisa menikmati kopi, petani punya penghasilan, membuka peluang usaha lain, dll.
Analisis K13: Mendorong siswa untuk menganalisis peran sosial ekonomi suatu profesi (C4) dan mengevaluasi dampaknya (C5), mengaitkan konsep pekerjaan dengan kehidupan sosial.
E. Mata Pelajaran: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Kompetensi Dasar (KD) yang diuji:
Contoh Soal:
Pilihan Ganda (PG):
Bayu adalah anak dari seorang petani kopi. Ia selalu menghormati dan membantu ayahnya. Sikap Bayu mencerminkan pengamalan sila Pancasila yang ke ….
a. Satu
b. Dua
c. Tiga
d. Empat
Kunci Jawaban: b (Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, terkait sikap menghormati orang tua dan pekerjaan orang lain)
Analisis K13: Menguji pemahaman pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Isian Singkat:
Pekerjaan petani, pedagang, dan pengusaha kopi saling membutuhkan satu sama lain. Sikap saling membutuhkan dan bekerja sama ini merupakan wujud dari nilai ….
Kunci Jawaban: Gotong royong, persatuan, kerja sama.
Analisis K13: Mengaitkan konsep pekerjaan dengan nilai-nilai sosial dan persatuan.
Uraian/Esai (HOTS – C5):
Di sebuah desa, terdapat banyak warga yang bekerja sebagai petani kopi. Namun, mereka sering berselisih paham tentang cara mengelola kebun yang baik. Sebagai bagian dari masyarakat desa tersebut, apa yang akan kamu sarankan agar mereka bisa bekerja sama demi kemajuan desa? Jelaskan alasannya!
Kunci Jawasan:
Saran: Mengadakan musyawarah, membentuk kelompok tani, saling berbagi ilmu dan pengalaman, mendatangkan penyuluh pertanian, menyelesaikan masalah dengan kepala dingin.
Alasan: Musyawarah dan kerja sama akan menciptakan persatuan, menemukan solusi terbaik, dan menghindari konflik, sesuai dengan nilai-nilai Pancasila (sila 3 dan 4).
Analisis K13: Mendorong siswa untuk mengevaluasi suatu masalah sosial (C5) dan merumuskan solusi berdasarkan nilai-nilai Pancasila, melatih kemampuan berpikir kritis dan problem-solving.
Pentingnya Penilaian Harian yang Holistik
Dari contoh-contoh di atas, dapat dilihat bahwa PH K13 tidak sekadar menguji ingatan. Beberapa poin penting yang harus diperhatikan guru dalam menyusun dan melaksanakan PH:
Kesimpulan
Penilaian Harian di Kurikulum 2013 kelas 4 SD adalah instrumen krusial untuk memantau dan mengukur pencapaian kompetensi siswa secara komprehensif. Dengan merancang soal-soal yang kontekstual, bervariasi, dan mendorong berpikir tingkat tinggi, guru tidak hanya mendapatkan gambaran akurat tentang penguasaan materi, tetapi juga turut serta dalam membentuk karakter dan keterampilan abad ke-21 pada diri siswa.
Melalui PH yang efektif, siswa tidak hanya belajar untuk menjawab soal, tetapi juga belajar untuk berpikir, berargumen, dan mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam berbagai situasi. Ini sejalan dengan visi Kurikulum 2013 untuk menciptakan generasi yang cerdas, berkarakter, dan siap menghadapi tantangan masa depan. Oleh karena itu, penyusunan dan pelaksanaan PH harus dilakukan dengan perencanaan matang dan pemahaman yang mendalam terhadap filosofi K13.